Pengunjung

Arsip Blog

Fan Death

Foto 

Fan death merupakan sebuah mitos yang berkembang di korea selatan mengenai kepercayaan bahwa sebuah kipas angin dapat mematikan. Sungguh mengagetkan bahwa mitos ini sangat populer di korea selatan dan kebanyakan masyarakat disana mempercayainya.
Kebanyakan dari mereka akan menolak dan menghindari untuk bermalam disebuah ruangan dengan kipas angin yang terus menyala.

Di korea selatan, mitos aneh ini memang berkembang dengan sangat populernya. Orang orang korea yang begitu waspada, percaya bahwa kipas angin ini akan mengakibatkan kematian. Mereka percaya jika kalian meninggalkan kipas angin tetap menyala sepanjang malam di sebuah ruangan dengan pintu dan jendela yang tertutup, kalian bisa mati saat tidur.


Karena hal inilah, semua kipas angin yang dijual di korea selatan memiliki timer otomatis untuk mematikan kipas angin tersebut setelah menyala beberapa menit.


Beberapa orang percaya bahwa sebuah kipas angin dapat menyedot oksigen dari dalam ruangan, sehingga menyebabkan kalian mati tercekik. Kepercayaan lain mengatakan bahwa kipas angin dapat menyebabkan penurunan temperatur secara drastis sehingga menyebabkan kematian oleh hipotermia.
Namun pada kenyataannya, sebuah kipas angin tidak bisa membuat kalian mati. Korea selatan merupakan satu satunya negara yang mempercayai hal ini. Para ilmuwan menyetujui bahwa kipas angin tidak dapat menurunkan temperatur sedemikian rupa sehingga dapat mengakibatkan hipotermia, atu menyedot oksigen sedemikan besar sehingga membuat kalian tercekik. Tidur disebuah ruangan dengan kipas angin yang menyala benar benar aman.

Despite the fact that many Korean people are intelligent and well-educated, the weird belief still persists. Korean newspapers even sometimes carry stories about people who have been killed by fans. Look at this example from The Korea Herald in 2011:
Walaupun kenyataan bahwa umumnya masyarakat korea selatan cerdas dan berpendidikan, namun kepercayaan aneh tersebut masih tetap saja ada. Koran korea terkadang memuat sebuah kisah mengenai orang orang yang mati karena kipas angin. Sebagai contoh lihatlah sebuah tajuk dalam Korea Herald di tahun 2011 :


“seorang pria dilaporkan meninggal di senin pagi setelah tidur dengan kipas angin yang menyala. Pria berumur 59 tahun ini, bernama Min, dan ditemukan tewas dengan kipas angin yang mengarah langsung ke tubuhnya”
Ada sebuah cerita tentang anak anak kulaiahan di amerika yang mengerjadi teman mereka yang merupakan orang korea. Ketika mereka mengetahui mitos mengenai kipas angin ini yang berkembang dinegara temannya, mereka menggodanya dengan masuk kamar yang tertutup dengan enam buah kipas angin yang menyala. Mahasiswa korea ini memohon kepada meraka agar jangan menyia nyiakan hidup mereka, dan dia kemudian lebih memilih tidur dilorong. Keesokan paginya ketika dia bangun dan semua teman temannya yang tidur diruangan tersebut dengan enam kipas angin yang menyala serta mereka semua masih dalam keadaan hidup, mahasiswa korea ini menjadi sangat curiga;
“aku tahu kalian sedang mengerjaiku” katanya “kalian pasti telah membuka jendela sepanjang malam bukan??!!”

Namun hal ini bukan merupakan sesuatu yang tidak basa sebenarnya. Setiap negara di dunia memiliki kepercayaan masing masing yang tentu saja bagi orang lain merupakan sesuatu yang aneh dan konyol.


Di china mereka percaya bahwa duduk di toilet yang hangat bisa menyebabkan kalian menderita ambien. Orang inggris percaya bahwa duduk di permukaan yang dingin akan menyebabkan ambien. Di peru, orang orang percaya jika kalian terlalu lama berdiri didepan kulkas akan menyebabkan kanker. Di republik ceko orang orangnya percaya bahwa jika kita meminum air setelah makan buah akan menyebabkan masalah perut. Di filipina, banyak ibu yang melarang anak anakmereka untuk memakai baju berwarna merah selama terjadi badai. Mereka percaya hal ini akan mengakibatkan anak anak mereka tersambar petir.

Namu ada satu hal yang harus kalian ingat : jika kalian pergi ke korea selatan, dan meletakan sebuah kipas angin diruangan tertutup bersama seseorang, ada sebuah kemungkinan bahwa kalian akan ditangkap karena tuduhan usaha pembunuhan!

WASPADALAAAAAAAAAAHHHH!!!!
Terimakasih telah membaca artikel Fan Death. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://raver-note.blogspot.com/2013/06/fan-death.html. Jika ingin copy paste artikel ini, jangan lupa untuk mencantumkan link sumber.

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg Reddit